Agar Hidup Lapang, Berbagilah...!!!

kellllLensaKawo.Com. Setiap individu punya masalahnya sendiri-sendiri, dan itu dengan kadar yang juga tidak sama. Ada yang sanggup menghadapi dan menjalani, namun tidak sedikit yang merasa bahwa beban yang mereka rasakan adalah yang terberat. Bahkan ada yang mengambil jalan pintas sebagai solusi (bunuh diri) padahal itu tidaklah jalan penyelesaian, malah menambah masalah baru.


Di dalam kajian psikologi, masalah yang dialami orang seseorang bisa diibaratkan seperti gunung es. Yang muncul (tampak) hanyalah permukaan (sedikit/kecil) saja, namun di dasarnya mungkin di luar dugaan kita. Contoh sederhana; ketika kita bertanya kepada teman; ''apa yang kamu pikirkan (masalah)", dan kebanyakan dari mereka menjawab; "Tidak ada".


Artinya, apa yang dipikirkan (masalah) tentulah lebih banyak kita yang punya 'diri' yang lebih mengetahui.


So, menumpuk masalah ibarat meniup balon, setiap ada masalah, kita tiup sekali, dst, sehingga lama kelamaan akan menjadi besar. Akibatnya, bisa2 balon akan pecah. Apakah kita siap mengalami hal serupa?


Maka dari itu, bukan hanya THR yang harus dibagi, tetapi 'masalah' pun perlu dibagi (curhatlah), dengan catatan:




  1. Berbagilah dengan orang yang kamu percayai (misalnya; ibu, ayah, kakak, adik, sahabat, suami, istri, dll), agar hal-hal yang bersifat rahasia tidak menjadi aib (diketahui) bagi orang lain.

  2. Berbagilah yang pantas dibagi, artinya ada batasan2 tertentu yang harus diceritakan kepada orang lain. Hal2 yang menyangkut sangat privasi tentulah menjadi rahasia sendiri.

  3. Pilihlah waktu dan kondisi yang tepat untuk berbagi cerita yang membebani pikiran.


Ibaratnya, kita berisaha membocorkan lahar panas sedikit demi sedikit agar tidak terjadi ledakan yang berakibat fatal pada diri sendiri. Seumpama melepas angin balon sedikit demi sedikit hingga dibatas wajar sebesar apa ukuran balon yang kita inginkan.


Semoga bermanfaat.


Insya Allah artikel selanjutnya LK akan mengulas sedikit tentang kriteria kesiapan seseorang dalam menghadapi masalah.


Jika tulisan ini dirasa bermanfaat, silahkan share kepada teman2 yang lain. Semoga menjadi amal baik bagi kita. amin...

Komentar