Jangan Samakan Antara Klub, Komunitas dan Geng Motor

LensaKawo.Com. Semangat malam sobat pecinta aspal jalanan. Sembari nungguin jam istirahat, plus dengerin musik sambil sruput teh hangat dan ditemani gorengan... Lens'K coba suguhkan bacaan ringan, walau sebenarnya sudah banyak dibahas oleh para blogger2 kondang sebelumnya. Soal klub, komunitas dan geng motor, sebab masih ada saja orang yang menyamakan semuanya. Padahal kan beda, apa saja itu?


Yuk kita kenali satu persatu;

Klub (Club) Motor

Yaitu suatu perkumpulan kendaraan baik sepeda motor atau mobil yang hanya terdiri dari satu jenis motor atau mobil, artinya motor yang lain tidak boleh bergabung ke dalam club ini. Jadi Klub ini adalah sebuah perkumpulan yang terdiri dari satu varian atau satu jenis motor saja. Misalnya HDCI (Harley Davidson Club Indonesia), berarti di luar itu tidak masuk. Klub mempunyai AD-ART dan susunan kepenguruan yang jelas serta mengutama safety riding.

Komunitas (Community) Motor
Merupakan perkumpulan orang yang memiliki hobi yang sama (motor), namun tidak terbatas pada satu jenis kendaraan saja artinya kendaraan atau motor apapun bisa masuk untuk bergabung ke dalam komunitas ini. Misalnya Komunitas Motor Bukitting (KMB). Komunitas motor mempunyai AD-ART dan susunan kepenguruan yang jelas serta mengutama safety riding.

Geng (Gank) Motor
Adalah kumpulan orang yang suka naik motor namun suka melanggar ketertiban di jalan, oleh sebab itu geng motor ini lebih sering memiliki citra negatif karena ulah mereka sendiri yang suka berbuat onar dan keributan baik sesama geng motor atau pun dengan masyarakat umum. Biasanya geng motor ini identik dengan tindakan kriminal dan kejahatan. Di sini tidak ada aturan, tidak ada susunan kepengurus, dan tanpa pengamanan berkendara.

Sebagai tambahan, ada juga Independent dan Singel Fighter, siapa mereka?

Independent

Adalah kumpulan pecinta motor yang berdiri sendiri dan tidak ada kepengurusan pusat. Maksudnya adalah jika ada perkumpulan pecinta motor disebuah wilayah mereka tidak dinaungi oleh kepemimpinan dari pusat yang mengikat. Berbeda dengan Club Motor yang memiliki naungan dan aturan yang hampir sama dalam satu wadah sebuah club namun berbeda wilayah.

Singel Fighter

Yaitu seorang pemotor (rider/biker) yang tidak mengikuti sebuah club, komunitas atau Independent. Dari segi namanya saja sudah jelas Single artinya sendiri, biasanya single fighter lebih suka sendiri dalam menikmati kehidupannya dengan motor dikarenakan tidak mau terikat oleh aturan dari club atau komunitas. Namun single fighter yang baik adalah mereka yang tetap mematuhi aturan  di jalan raya untuk keselamatan dirinya sendiri dan juga orang lain saat berkendara di jalan raya.

So, sudah jelas donk.... Bahwa diantara semua yang di atas, yang mesti dihindari adalah Geng Motor yang bisa mencelakai diri dan orang lain. Utamakan keselamatan berlalu lintas, ingat...!!! Keluarga Menunggu di Rumah..!!!

(dari berbagai sumber)

Komentar