3 Nikmat Yang Wajib Disyukuri Bagi Kaum Muslimin Yang Hadir Jum'at di Masjid

LensaKawo.Com. Assalamu'alaikum ... sahabat LK, semoga hari ini berkah buat kita semua. Ini adalah jum'at perdana kita di tahun baru 2017, yuk kita tingkatkan semangat keberagamaan kita kita Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Salah satunya adalah dengan cara mensyukuri berbagai macam nikmat yang telah dianugerahkan kepadda kita. Tiga diantaranya adalah
Bagi kaum muslimin yang ikut hadir melaksanakan shalat jum'at berjamaah, minimal ada 3 nikmat yang wajib disyukuri;


  1. Nikmat kesehatan.
    Ketika kaum muslimin hadir melkasanakan shalat jum'at berjamaah, itu atinya kita diberikan nikmaat sehat oleh Allah SWT. Masih bisa berjalan dengan baik, atau mungkin hanya diantar oleh anggota keluarga yang lain. Selain itu masih sehat panca indra seperti telinga untuk mendengarkan khutbah yang berisikan nasehat2 agamaa. Semoga menjadi penambaah kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
    Sebab ketika kita sakit, banyak ha yang tidak bisa kita lakukan, jangankan untuk membantu orang lain, menolong diri sendiri saja susah. Artinya; sehat itu berharga, maka bersyukurlah, insya Allah akan menambah keberkahan pada nikmat kesehatan itu.
  2. Nimat Kesempatan (Waktu)
    Hal kedua yang wajib disyukuri lagi adalah kesempatan/waktu, sebab ada diantara kaum muslimin yang diberikan waktu, tetapi tidak diberikan sehat, mungkin mereka sedang dalam proses penyembuhan dalam sakitnya, sehingga tak sempat untuk hadir menunaikan shalat berjamaah ke masjid. Artinya, Allah memberikan waktu luang selain untuk bekerja, maka beribadah kepada Allah juga mesti dialokasikan waktunya. Dalam banyak ayat Allah bersumpah dengan waktu, ini sebagai bukti bahwa begitu pentingnya memanfaatkan waktu.
    Rasulullah SAW pun pernah berpesan dalam hadits yang sangat populer bagi kita;
    Ingat 5 sebelum datang yang 5:
    • Sehat sebelum sakit
    • Muda sebelum miskin
    • lapang sebelum sempit
    • kaya sebelum miskin, dan 
    • hidup sebelum mati
  3. Nikmat Iman (Aqidah)
    Nikmat ketiga bagi yang hadir jum'at yang sangat perlu disyukuri adalah nikmat iman. Banyak yang diberikan nikmat sehat dan sempat (waktu) tetapi tidak tergerak hati mereka ketika mendengarkan seruan azan di rumah ibadah, padahal mereka muslim, mereka juga sudah baligh berakal. Yang jadi alasan adalah; mereka sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu luang menuju masjid, dll.
    Artinya, bagi kaum muslimin yang hadir khusyuk dengan niat ibada semata karena Allah pada waktu jum'at adalah orang2 pilihan yang mendapatkan 3 nikmat sekaligus. Allahu Akbar

    Semoga pembaca LensaKawo ini senantiasa selalu mendapatkan limpahan rahmat dan nikmat dari Allah SWT. Amin..
    (Jika sahabat merasa tulisan LK ini bermanfaat, silahkan share saja kepada teman2 yang lain agar menjadi ibadah jugaa bagi sahabat sekalian)

Komentar