Ada Yang Bertanya; Pak, Kawo Itu Apa Sih..???

(LK) LensaKawo.Com - Banyak teman-teman yang bertanya, baik secara langsung atau melalui media sosial, khusunya facebook (mengingat akun fb LK bernama Kawo Kamil). Ada diantara teman-teman yang memanggil Om Kawo, Bang Kawo, Pak Kawo, dsb. Dan merekapun menanyakan; Pak, "Kawo" itu artinya apa sih?. soalnya mereka belum pernah menemukan kata dengan panggilan tersebut. Atau malah mungkin ada yang mengira 'kawo' itu adalah nama gelar, nama tempat, atau mungkin nama makanan. Hmmm... enak tuh kayaknya. 

Begini pemirsa, khususnya untuk teman-teman yang masih penasaran arti Kawo itu sendiri.
LK yakin masing-masing daerah pasti punya panggilan kepada orang yang lebih tua, seperti kakak. Panggilan untuk kakak saja, setiap daerah punya sebutan yang berbeda; Misalkan saja di daerah Minang; ada yang menyebutnya dengan kata Uda, Uwan, Akak, Ongah. Atau Ocu untuk daerah Bangkinang. Atau Abang untuk daerah Sumatera Utara. Atau Mas, Akang, dll. 
Begitulah kata Kawo, yang juga berarti Abang/Uda/Mas/Akang/Kakak. Dan tidak banyak kampung yang menggunakan panggilan itu, salah satunya adalah Jorong Koto Rajo. 
Setelah ditelusuri lebih jauh, Kawo itu kata singkatan dari Kakak Tuwo (Tua), bukan burung Kakak Tua ya.. tetapi bermakna Kakak/Abang yang Di-tua-kan. 
Begitu kira-kira penjelasan singkatnya. 
Berarti LensaKawo = Lensa Abang dong..???? yoi, begitulah kira-kira. LK hanya mau mengeksos sebuah ciri khas yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Dan ini adalah salah satu bukti kekayaan budaya yang kita miliki di tanah air tercinta ini.
So, Mari cintai budaya khas yang kita miliki. 
==============
Contoh Lain FB yang juga cinta kata Kawo adalah sdr. Kawo Adly

Komentar