Pintar Saja Tak Menjamin Sukses

LensaKawo.Com - Jika ditanya, hampir semua orang ingin SUKSES. Tapi yang jadi pertanyaan adalah 'kenapa tidak semua orang, SUKSES?'. Satu kata yang mudah diucapkan namun memiliki makna yang sangat dalam. Ada yang beranggapan kalau orang pintar itu akan sukses, BELUM TENTU.

Cerita sederhana ini LK dapat dari seorang guru yang menceritakan pengalamannya. Suatu hari di sebuah kelas (4 Sekolah Dasar), sang guru bertanya kepada semua siswa yang ada di lokal tersebut (berjumlah sekitar 39 orang); "Anak-anak sekalian, siapa diantara kalian yang MAU SUKSES?". Lalu 38 orang murid mengangkat tangan dengan serentak menjawab; "Saya Buk".
Oke, sekarang tangannya diturunkan (pinta sang guru) sambil memperhatikan satu murid di pojok nomor dua paling belakang yang tidak mengangkat tangan. Lalu sang guru bertanya kepada anak yang hanya diam saja.
"Anak ibu yang di belakang (menunjuk murid yang hanya diam sendiri) kenapa kamu tidak mengangkat tangan?"
Dengan lantang si anak menjawab; "Saya TIDAK MAU Sukses, Buk!!"
Kenapa? (tanya bu guru)
Dengan tegas dia menjawab; "SAYA HARUS SUKSES..!!!".
=====
Jelas, sangat jelas perbedaan dari jawaban yang diberikan oleh murid tersebut, dimana 38 siswa hanya "Mau" sedangkan 1 siswa (cerdas) menjawab "HARUS".
Jika ditanya Mau, pasti semua orang mau.... Tapi tidak semua orang meng-Harus-kan dirinya untuk mendapatkan yang di-mau tersebut.
Artinya lagi, Pintar saja tidak cukup untuk meraih SUKSES.
Ada syarat yang mesti dipenuhi untuk meraih sukses. Diantaranya;
  1. Disiplin. Orang yang disiplin biasanya adalah pribadi yang di dalam dirinya ada kalimat "Menghargai"; menghargai waktu, menghargai orang lain, serta menghargai setiap apa yang dia kerjakan.
  2. Semangat dan kerja keras. untuk meraih apa yang dicita-citakan tidak boleh loyo, tidak bisa sambil lalu, sebab dia butuh spirit ekstra karena itulah yang membedakan dengan orang-orang kebanyakan.
  3. Rajin/Tekun. Orang malas mustahil bisa sukses. Orang sering berkata, bangunlah pagi-pagi sebelum ayam berkokok. Atau jangan sampai rejekimu dipatok ayam. Artinya, bangun tidur saja harus lebih awal dari kebanyakan orang, sebab banyak yang bisa dikerjakan. Bahkan Dalam agamapun itu dianjurkan.
  4. Berbagi. Orang sukses suka berbagi, karena dia tidak ingin menikmati kesuksesannya sendiri. Ini adalah cara sederhana mengukur seberaapa sukses seseorang; "orang sukses bisa dilihat sudah seberapa banyak orang ikut bahagia kaarena dirinya". (sukses tidak mutlak materi lho)
  5. Berpandai-pandai. Pembaca mungkin bisa membaca lingkungan bahwa ternyata teman-teman yang dulu selalu juara kelas tidak semuanya jadi direktur atau dokter, atau pejabat. Banyak juga kok dari mereka yang terpaksa berkuli dan kerja 'kasar' serabutan. Dan salah satu penyebabnya adalah mereka ''tidak berpandai-pandai''. Maksud saya 'berpandai-pandai' salah satunya adalah menjalin komunikasi dengan banyak orang (link), ketika ada peluang, ambil. Ketika ada kesempatan, masuk. Itulah orang berpandai-pandai.
Sebenarnya masih banyak kiat untuk meraih sukses. 5 hal di atas hanya segelintir saja yang LK bagi. So, sukses dech buat anda semua.

Komentar